Kamis, 11 Desember 2014

Saat Booting selalu masuk ke Bios

Hallo gaes,
ketemu lagi :)

ciee lagi bermasalah dengan laptop yaa??
oke deh langsung aja nih, saya ingin share tentang kendala booting yang selalu masuk ke bios secara otomatis, 

sebenarnya ini bukan solusi gaes, tapi ini dugaanku dan sudah saya praktekkan sendiri pada laptop teman yang memang minta bantuan padaku.
ya kasusnya memang sama yaitu saat booting kita tidak langsung masuk windows, malah masuk ke bios.

beberapa kali browsing ternyata kebanyakan menduga pada baterai CMOS yang melemah, mungkin itu benar, tapi ini tips yang saya cari tahu sendiri gaes, sebab saya tidak berani bongkar laptop.

1. Ada masalah terhadap keyboard sobat, biasanya saat keyboard laptop rusak maka ada tombol yang tidak terkendali, misalkan tombol "delete' atau "F2" bahkan bisa semua tombol di keyboard sobat aneh, oleh karena itu silahkan cek keyboard sobat apakah kotor atau ada benda masuk.
2. settingan jam dan tanggal sobat salah, maka settinglah dulu jam dan tanggal pada biosnya, kemudian save dan exit.
3. kitapun bisa merubah settingan bios ke mode default ya.
4. atau saat bios sudah muncul maka tekan tombol "Esc" saja dan enter. namun solusi ini tidak permanen, sobat akan masuk windows tapi akan menemui booting bios lagi saat menyalakan laptop di lain waktu.

selamat mencoba gaes, ini hanya tips yang bisa sobat pakai sebelum pergi bertanya ke toko komputer. siapa tahu bermanfaat ^_^ ini aman kok gaes.

terima kasih..

*eka_sriyani

15 komentar:

  1. Hloh..... Saat cari cari solusi karena laptop adekku bermasalah, eh malah bisa masuk ke blognya mbak eka loh saya 😁:D.

    BalasHapus
  2. mksih kak. lmayan ntuk nmbah2 ilmu..

    BalasHapus
  3. mksih kak. lmayan ntuk nmbah2 ilmu..

    BalasHapus
  4. ingin menambahkan point 5
    "coba sambungkan charger ke laptop, dan tunggu sekitar 5 menit, nanti akan keluar menu resume, tekan enter dan selamat, laptop kembali normal"
    Thanks

    BalasHapus
  5. Aku sudah pernah mlepas keyboardnya tetp azda masuk ke BIOS tombol yang mana lagi coba yang lngket hayue

    BalasHapus
  6. Bener, f2 kemasukan pasir,setelah saya bersihkan, jreng,hehe,makasih bro

    BalasHapus
  7. terima kasih tips nya Sis, saya mengalami masalah tersebut n saya coba tips nya...n jreng jreng...berhasil...ok's banget

    BalasHapus
  8. http://portalborneocamp.blogspot.co.id/2015/10/cara-mengatasi-laptop-yang-masuk-ke.html

    BalasHapus
  9. klo kyboardnya gak bisa solusinya apa..?? selain diganti. apa pkek kyboard usb bisa..??

    BalasHapus
  10. klo kyboardnya gak bisa solusinya apa..?? selain diganti. apa pkek kyboard usb bisa..??

    BalasHapus
  11. Sangat membantu... Tx ya... Gbu

    BalasHapus
  12. Sangat membantu... Tx ya... Gbu

    BalasHapus
  13. Sumpah gan thx parah, sangat membantu. Setelah utak atik si mbah google akhirnya cara ini yg paling josss.

    BalasHapus
  14. Mksi saran paling sederhana
    Joss

    BalasHapus