Rabu, 30 Desember 2015

H I L A N G (sudah)

Ini seperti cerita dalam novel-novel ternama yang sering aku baca.
...
Tatapan mataku pagi ini kosong,
Memasuki sebuah ruangan kosong hitam dan penuh dengan tanda tanya menggelantung disana sini. Rasanya aku ingin bertemu dengan sesuatu yang bertanggungjawab atas kisah hidupku. Aku ingin mengadukan banyak hal.
6 tahun terakhir kulewati sesuatu yang tak pernah terbayangkan.. mengenal apa itu menata masa depan, mengenal baik dan buruknya pergaulan, mengenal apa itu pekerjaan, mengenal bagaimana cinta (yaitu perasaan yang mulia, kata kebanyakan buku) mengubah cara berfikirku.
Aku fikir ribuan rencana dan usahaku akan berlabuh pada dermaga kebahagiaan yang hakiki yang secara rumus matematika akan menghasilkan nilai luar biasa memuaskan.
Tapi ternyata tidak semudah menghitung angka atau menterjemahkan puisi.
Hidup ini bergerak ke arah manapun, dari cinta yang indah kemudian penghianatan dan ketidakmampuan mempertahankan akhirnya salah satu menyerah tanpa perlawanan. Kemudian BRAKKK..... tidak ada lagi cinta. Kata bulshit yang sekarang aku tak percayai lagi.
...
Saat itu aku memberanikan diri kesana kemari sendirian, berusaha menjadi calon wanita tangguh. Termasuk pergi ke luar kota jauh dari kota kelahiranku dengan tujuan mencarinya, mencari cintaku yang pernah memohon padaku tetap setialah disana.
Karena aku takut sekali kehilangannya, karena kami memiliki kisah indah dan rangkaian rencana indah lainnya di masa yang akan datang.
Namun... waktu menghilangkan dia, bak pasir gurun yang terbang terbawa angin. Kini tinggal pasikr yang tersangkut pada sela-sela batu kerikil.
Entah siapa yang bertanggungjawab atas hal ini, akhirnya aku menyerah... tanpa ada usaha darinya mendatangiku melihat mataku yang setiap hari sembab karena menangisinya.
Ku peluk rindu ini melalui mukenah dan al qur’an yang ia beri dulu, aku mengadu padaNYA ... “jika ia milikku tolong jangan siksa aku dengan kesulitan berkomunikasi atau mencarinya Tuhan!.”
W A K T U
Semakin menghapus semuanya, asa ku mulai menemui tembok buntu.. usahaku terhenti, kakiku lelah.
Disitulah cara berfikirku mulai berubah, aku merasa gagal. Apakah yang salah denganku, apakah mulutku, wajahku, perangaiku sangat mengganggunya. Apakah aku terlalu bodoh atau rendah atau aku terlalu lemah.
Kubuat diriku sibuk dengan berbagai kegiatan, aku mencoba menunggu berharap tiba-tiba ia ada di sini.
Hingga di tahun ke 5, ...Tak rindukah kau padaku wahai pecinta diam. Tahukah kau aku mulai lelah, aku hanya ingin mendengar suaramu.
Rasanya air mataku sudah habis terkuras.
rasanya chat via berbagai macam media sosial, via email dan via bermacam-macam gadget tak membuatnya paham aku merindukan balasannya.
Hhsshh..
Mungkin aku sudah jauh tertinggal dari karir dan pendidikannya, hingga dia tidak merasa pantas dengan seorang Eka.
Dan Tik Tok seseorang lain mengajakku menikah, dia orang yang baru ku kenal beberapa bulan lalu yang pernah bertukar cerita tentang masing-masing kisah asmaranya.
Ku tantang ia untuk berbicara langsung dengan kedua orangtuaku yang notabennya orangtuaku hanya mengenal 1 orang yaitu “Kaldera” laki-laki yang sudah entah dimana hatinya singgah.
Sudah dapat ditebak jika kedua orangtuaku menolaknya dan memberikan ribuan pertanyaan padaku tentang laki-laki tersebut. Pertanyaan bernada sinis membandingkan dengan sosok dia yang bagi mereka ia adalah laki-laki idaman; pendiam, baik, berkarir baik, berpendidikan tinggi.. perfect.

Dia memang perfect untuk wanita sepertiku, tapi hatinya sudah tidak ada .. apa lagi yang harus aku lakukan ibu, usahaku sudah sampai di depan mukanya namun NOTHING. Tidak ada jawaban apa-apa, tidak ada arti apapun. aku harus bagaimana.
Kemudian kucoba meyakinkan mereka, dengan merelakan diriku akan tetap bekerja dan kuliah untuk mereka, aku rela tidak akan pergi dari rumah ini. Dan aku yakinkan bahwa laik-laki ini mampu membimbingku , dia baik, dia akan mendukungku menggapai cita-citaku, dia matang, meskipun dilihat dari mata ia jauh berbeda dengan sang pujaan mereka.
Tapi apa lagi yang harus aku lakukan, jika hatinya sudah bukan di sini anakmu ini tidak dapat berbuat apa-apa... tentu kamu menangisinya bu, tentu karena bertahun-tahun kau menyayanginya, apalagi aku anakmu yang merasakan begitu banyak kebahagiaan dan kejadian dengannya. Apakah aku tidak sakit? Apakah aku tidak sedih? Lebih dari sekedar perasaan itu bu.

Lalu mengapa kau makin merusak perasaanku ibu, mengapa kau tidak paham kondisiku sekarang? Mengapa kau tidak membantuku melupakannya? Mengapa kau malah membuat aku makin kacau ??!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Kamis, 14 Mei 2015

Pendakian Gunung Ciremai (Beginner)

Puncak Ciremai, 11-12 April 2015

Assalamualaikum

Hi gaes, aku mau sharing nih sama pengalaman pertamaku mendaki.

Tanggal 11-12 april 2015 lalu aku memutuskan untuk ready mencoba naik gunung, hmm... awalnya memang sangat ragu karena sadar akan fisik yang manja. Tapi berkat dukungan dan saran teman-teman yang saya ikuti akhirnya saya berhasil meniti jalanan-jalanan nanjak itu.
***
Ohya gunung pertama yang aku coba jadikan sahabat yaitu Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat. Ya gunung ini terletak di provinsi Jawa Barat, Nah.. aku kasih sedikit review dulu yaa tentang Gunung Ciremai.

GUNUNG CIREMAI
  •  Ketinggian 3078 mdpl, merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat
  •  Terletak di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten  Cirebon,Jawa Barat, Indonesia
  •   Gunung yang meletus terakhir pada tahun 1938 ini secara geologi termasuk jenis  gunung berapi kerucut.
  •   Jalur Pendakian :

1.           Jalur Linggarjati, Kuningan
2.           Jalur Palutungan, Kuningan
3.           Jalur Apuy, Majalengka

Update April 2015 untuk HTM pendakian gunung ini adalah Rp 50.000 .. Orang-orang yang sudah sering mendaki mengeluhkan kenaikan harga ini yang memang rata-rata pendakian gunung hanya membayar Rp 5.000 s/d kurang lebih Rp 20.000 saja.

Tapi dengan harga baru ini, kita diberikan konsumsi berupa makan 1x oleh pengurus. Tinggal pilih mau makan saat hendak naik atau sesudahnya, tapi untuk jenis konsumsi kita tidak bisa memilih.. hehe....
***
Sebagai pemula saya sangat disarankan untuk rutin olahraga minimal jogging seminggu sebelum pendakian dimulai, maka saya lakukan saran positif teman-teman saya.
Kemudian saya bertanya banyak hal tentang apa yang akan kita lakukan, apa yang penting kita bawa, estimasi waktu pendakian dan segudang pertanyaan polos lainnya... hehe tidak apa-apa, itu hal yang wajar.

Setelah saya mengetahui estimasi waktu pendakian dan resiko terburuk yang terjadi, maka saya siapkan antisipasi-antisipasinya.

Seperti untuk sholat, saya seorang muslimah, jadi saya memikirkan hal tersebut. Untuk cuaca yang baik-baik saja kita akan sholat pada jam sholat seperti biasanya, kita bisa lakukan tayamum atau berwudhu jika ada persediaan air yang mencukupi. Nah jadi bagi yang belum tau atau lupa tata cara tayamum segera cari tau melalui teman, orangtua, atau buku-buku panduan ibadah. Seperti yang kulakukan saat aku mencari tau tentang sholat Jama’ untuk antisipasi kalau kalau cuaca tidak mendukung atau kondisi darurat lainnya, saya bertanya pada beberapa orang yang dianggap mengerti kemudian mencatatnya pada buku sakuku yang kubawa-bawa saat bepergian.

Sekarang kita bisa nyaman beribadah tanpa banyak meninggalkannya dengan alasan tidak tau, lupa dan sebagainya. :)
***
Selanjutnya, kita harus mengetahui apa sih kebiasaan kita yang dapat mengganggu perjalanan pendakian? Contohnya seperti saya nih gaes, saya ini orangnya tidak punya kebiasaan makan malam.. pokoknya maksimal diatas jam 9 saya stop makan, bukan karena takut gemuk, Tapi memang perut akan terasa mual saat diisi di jam-jam seperti itu..hmm entah kenapa tapi ya gitu deeeh.. :v

Tapi ada jadwal perjalanan malam yang direncanakan teman-teman, so pasti saya harus makan untuk menambah asupan ke tubuh kan. Difikir-fikir lagi saya harus makan jangan sampai merepotkan teman-temanku nanti (gumam dalam hati) tapi apa yaa.......... tingggg!! Akhirnya aku dapat, malem malem mah enaknya makan brownis aja kali yaa.. selain soft di perut juga padat mengenyangkan jadi tidak perlu makan banyak-banyak, begitu fikirku.

Akhirnya teman-teman menuruti keinginanku, kami beli brownis amanda. Hehe meski mahal katanya demi kelancaran bersama tidak masalah toh mereka juga ikut makan haha...

Clear masalah kebiasaan burukku yang merepotkan tinggal kita siapkan perlengkapan pribadi yang perlu dibawa di tas kamu nih gaes.

Obat-obatan
Yang standar (obat pusing, obat maag, obat luka, perban, minyak angin/kayu putih)
Yang spesial, cieelaaah ada yang spesial.. hehe yang spesial disini maksudnya obat pribadi punya kita sendiri gaes, barangkali kita punya penyakit tertentu maka bawa atau sediain deh tuh obat jangan ditinggalin, karena teman-teman kita gak akan punya obat yang sama kecuali penyakitnya samaan, nah loh 1001 kan? hehe.

2    Jaket
Penting buat melindungi tubuh kita dari dinginnya udara gunung, terutama malam saat kita diam atau berhenti pasti akan terasa sekali.

3     Sleeping bag
Kantong tidur ini penting, apalagi buat kamu yang gak kuat dingin gaes.. saat malam suhu di gunung akan sangat rendah.

4    Sepatu/ sandal
Beberapa orang memang nyaman dengan hanya memakai sandal saja, namun sangat disarankan menggunakan sepatu yang dirancang untuk melakukan pendakian ya gaes.. demi keamanan.

Pakaian ganti
Bawalah minimal 1-2 set pakaian ganti, jangan bawa terlalu banyak karena selain akan memakan tempat packing kamu, juga kita kan bukan hendak menginap di hotel, hehe

6      Peralatan mandi
Bebas sih kamu mau bawa atau tidak, karena sebagian pendaki lebih suka mandi saat sudah sampai di rumah saja :v, jadi bagi yang merasa selalu tidak nyaman tidak mandi berhari-hari atau memang waktu pulang bisa santai kita bisa mandi di pos maupun rumah warga.

itu beberapa perlengkapan pribadi yang wajib ada di tas kita, selebihnya kita bisa membagi tugas untuk membawa perlengkapan bersama, misalnya tenda, matras, alat memasak, dll.

Pagi Sabtu sekitar pukul 07.00 saya sudah bertolak dari rumah menuju Linggarjati dengan menggunakan motor, karena rumahku tidak jauh dari kabupaten kuningan gaes J. Iya saya memilih jalur ini karena paling dekat dari rumahku.

Cukup 30 menit perjalanan sampai di pos pendaftaran, setelah melakukan administrasi akhirnya kami berangkat naik di pagi hari.

Nah.. ini catatan kecilku yang sengaja saya buat.
Catatan singkat 11-12 Mei 2015

10. Sanggabuana2
11. Pengasinan
12. Puncak Panglongokan

Sekian dulu ya sharing pendakiannya, see you next post :)

Senin, 30 Maret 2015

Gelo Petualang part 3

Hi gaes ketemu lagi,
langsung aja yaa mau kasih refrensi terbaru tempat ngopi keren ala gelo petualang cirebon.

1. Curug Mangkok, Palutungan-Kuningan

Curug Baliho, Dukupuntang

Curug Babi, Majalengka Jawa Barat

Jumat, 13 Maret 2015

Statistika pengawasan Kualitas (Chart Kontrol)

Bentuk Chart kontrol
Keputusan mula yang harus diambil sebelum membuat chart kontrol :
1. Menentukan objektif dari chart
2. Memilih Variabel
3. Menentukan banyaknya sampel
4. Menentukan besarnya sampel
5. Membuat format untuk data
6. Menentukan cara pengukuran

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengisian/ perhitungan chart kontrol :
1. Membuat pengukuran-pengukuran
2. Pencatatan pengukuran dan data lain yang relevan
3. Hitung Rata-rata setiap sampel
4. Hitung Range setiap sampel
5. Plot Rata-rata pada chart
6. Plot Range pada chart

Chart kontrol, jika semua titik jatuh di dalam LKA(Limit kontrol atas) dan LKB(Limit kontrol bawah). maka dikatakan "proses terkontrol" artinya variasi tidak dipengaruhi oleh sesuatu sebab

Contoh data :
data diameter bola baja diambil selama 10 har, setiap pengambilan terdiri dari 4 pengamatan (unit dalam cm), buatlah lembar data untuk chart kontrol Rata-rata dan Range.

tanggal---------- pengamatan
8 Agustus-------1.4  1.4  1.6  1.7
9 Agustus-------1.3  1.4  1.4  1.6
10 Agustus------1.5  1.4  1.7  1.6

Lembar data untuk Chart Kontrol rata-rata dan Range, silahkan open this link yaa..

Sampai sini dulu Statistika pengawasan kualitas, bab CHART KONTROL.

Senin, 26 Januari 2015

DENSITY

Hanya beberapa orang berprofesi di bidang tertentu yang menemui istilah "Density", termasuk saya setelah bekerja berkenaan dengan produk bahan bakar minyak, akhirnya saya menemukan istilah ini.
istilah ini belum pernah saya temui saat masih sekolah.

Density sama dengan massa jenis (ρ), yakni mempunyai rumus fisika (m/v) massa dibagi volume benda, yang memiliki satuan kg/m^3.
Tapi apakah anda tau sebenarnya apa itu massa jenis ?? apa gunanya kita mengetahui itu ??

massa jenis adalah besarnya massa setiap satuan volume.
(ingat: massa tidak sama dengan berat)
setiap benda memiliki massa jenis yang berbeda. semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya.
contoh:
Air   memiliki massa jenis 1000 kg/m^3
besi  memiliki massa jenis 7874 kg/m^3

sebuah benda yang memiliki massa jenis tinggi (besi) akan memilki massa yang lebih kecil dibanding dengan benda bermassa jenis rendah (air).
sehingga massa jenis ialah karakteristik yang dimiliki masing-masing benda.
dengan mendapatkan angka density atau massa jenis ini kita dapat menentukan zat apa yang ada pada benda (misalkan benda yang belum diketahui).

alat ukur untuk mengetahui density disebut Hydrometer.
bagi perusahaan minyak, density digunakan untuk mengetahui kualitas minyak.

Hydrometer
apabila suatu benda melewati batas normal massa jenis asal, maka benda/cairan tersebut tidak layak pakai.
kualitas dan kuantitas minyak dipengaruhi oleh suhu, oleh sebab itu minyak dapat menyusut atau bahkan naik. tiap jenis minyak memiliki tingkat pengaruh suhu berbeda.
setiap penurunan atau kenaikan suhu 1derajat celcius, volume bahan bakar akang turun atau naik sebanyak 0.1% pada setiap massa yang tetap.

Pengukuran 1 Liter Bbm Premium pada suhu 25 derajat celcius, akan mengalami penurunan volume menjadi 0.730 Liter
Pengukuran 1 Liter Bbm jenis Biosolar pada suhu yang sama 25 derajat celcius, akan mengalami penurunan volume menjadi 0.992 Liter.
(angka didapat menggunakan tabel ASTM 53)

BBM Premium mempunyai tingkat penurunan/kenaikan volume yang dipengaruhi suhu akan lebih tinggi dibandingkan dengan BBM jenis Biosolar.

itulah uniknya minyak, berikut ini info Standard Range Density BBM.
  • Premium   0.700 - 0.750
  • Solar         0.800 - 0.850
  • Kerosine   0.750 - 0.800
  • Diesel       0.850 - 0.900
sekian dulu deh, ayo silahkan jika ada yang ingin menambahkan. kita bisa saling share di sini ^_^
salam,

*eka_siyani

Selasa, 16 Desember 2014

Sedikit tentangmu Tanah kelahiranku

Dear Tanah kelahiranku,

Blok.Lemah duwur, desa karangsari, kecamatan Weru - Kabupaten Cirebon. yang dulu aku cintai, banggakan dan hormati,
kenapa dulu?? bagaimana sekarang ??

aku lahir di tanah merah ini.. tanahnya subur, saat itu banyak halaman luas yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain lari-larian atau bermain dengan pohon-pohon.
Dengan warga yang amat ramah karena kekeluargaan mereka sangat baik, bahkan satu blok ini masih ada ikatan-ikatan kekeluargaan yang dekat, rumah kami pun terbilang rumah-rumah tua.. entah sejak kapan berdiri, namun terlihat dari beberapa bangunan rumah yang berarsitektur klasik, termasuk rumah yang kutinggali ini, rumah nenekku.

Bagiku tempat ini adalah tempat paling menyenangkan untuk bermain, aku dan teman-temanku bisa melakukan bermacam-macam permainan, bermain bola, engklek, kelereng, main rumah-rumahan dari tanah, main gelatik, petak umpet, gobak sodor, dan masih banyak lagi.
banyak budaya-budaya unik di sini, dari kesenian Tari Serimpi yang selalu ditunggu warga saat lebaran tiba, sedekah bumi yang dilakukan di kuburan, hingga mitos menanam cabe serta sayuran di halaman depan rumah.
tapi taukah kau, sekarang halaman-halaman di sini sudah sempit karena banyak bangunan baru berdiri, melihat anak-anak bermainpun hanyalah masa lalu. anak-anak sekarang lebih menyukai bermain di tempat rental PS, bermain gadget, dan lebih parah lagi mereka mengerti judi serta miras.
.......

kenapa ??
bukankah itu hal yang menyedihkan??

aku salah satu remaja yang sangat beruntung dapat menikmati serunya bermain dengan teman-teman,

kemudian di jenjang SMP aku mulai memberanikan diri mengikuti organisasi sekolah, alhasil teman-temanku bukan hanya di rumah, melainkan di sekolah juga. tentu saja banyak hal baru yang tidak dapat dilakukan di rumah, sangat menyenangkan meskipun melelahkan.

Ya, aku mengikuti organisasi siwa atau OSIS serta organisasi Paskibra di SMP, aku aktif dan kerap kali pulang sore. namun banyak tetangga dan keluarga yang menganggap aneh, kegiatan apa ?? tidak berguna !! sekolah ya sudah hanya belajar, bukan bermain !
itulah kata-kata yang sering muncul saat aku pulang sore sampai aku SMK, pun sampai lanjut Kuliah+kerja aku makin aktif dengan komunitas, hingga akhirnya orangtuakupun bertanya "kamu pulang sore ngapain aja sih? main??"
seandainya aku bisa menujukkan kegiatanku, seandainya mereka memahami bahwasannya organisasi-organisasi sekolah dan sosial adalah organisasi yang mampu menjadi wadah aspirasi, ide, serta menjadi sarana mengembangkan bakat, cita-cita, pembentukan pribadi serta karakter.
sehingga remaja tidak sempat mengenal aliran berandalan, nongkrong tidak jelas, berjudi, mencuri, bahkan kenal dengan narkotika.

sudah tidak aneh melihat banyaknya remaja putri berdandan ini itu, main di jalanan dengan laki-laki tanpa batasan apapun. kemudian akhirnya mereka memalukan diri sendiri, keluarga bahkan sekolahnya.
penyebabnya :
1. Kurangnya kesadaran diri terhadap masa depan
2. Tidak menyibukkan diri dengan kegiatan atau fasilitas sekolah yang diberikan, cenderung pasif.
3. Orangtua tidak dapat mengerti bahwasannya ada wadah-wadah yang baik bagi putra-putrinya melakukan kegiatan di luar jam belajar.
4. Terlalu dimanjanya anak, menyebabkan anak selalu minta ini itu .. dan kerap mengancam ketika tidak diberikan.

di sini, aku sangat berharap .. bagaimana cara memberikan pemahaman terhadap orangtua tentang organisasi-organisasi yang ada di sekolah ataupun di masyarakat.

karena yang akan kita peroleh dari keaktifan di organisasi atau komunitas, adalah :
1. Karakter kita akan terbentuk, kita akan mengetahui bakat dan keinginan kita berada di bidang apa
2. kepribadian kita lebih matang, dewasa, karena dalam berorganisasi kita belajar bicara, mengungkapkan pendapat dan bertoleransi pendapat
3. kita mampu mengambil keputusan dengan bijak, karena dalam berorganisasi secara tidak langsung memacu kita terus aktif berfikir.
4. banyak ilmu serta teman-teman baru yang akan kita dapatkan di sekolah dan di rumah, seperti belajar menghormati bendera, belajar melakukan pertolongan pertama kecelakaan, belajar mencintai alam, belajar menjadi pemimpin, belajar saling membantu dan lain sebagianya.
5. dan biasanya orang yang berorganisasi akan memilki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama maupun terhadap alam sekitarnya.

Sekarang aku sudah tidak menemukan teman bermain bersama, mungkin karena kami sama-sama sudah sibuk bekerja, dan sebagian mereka sudah menikah.
maka kuputuskan mencari kegiatan lain yang menurutku cocok dengan karakterku, sambil bekerja dan kuliah.
Penanaman pohon sengon, Desa Sidawangi, Sumber

Penggalangan dana korban bencana longsor Banjarnegara

Benar, aku termasuk anak yang aktif, jiwa sosialku besar. khayalanku dulu aku ingin membantu para korban bencana alam, mengikuti berbagai macam kajian islami, meneruskan qasidah di blokku (sekarang sudah hilang).

aku sedih, saat semalam sepulang dari kegiatan penggalangan dana masih dinilai negatif oleh mereka yang memang kebetulan berada di rumahku mengadakan selamatan nenekku, aku menjelaskan kegiatanku dengan air mata mengalir.. "kenapa bapak-bapak masih belum mengerti??? padahal bapak seorang guru." mengapa sejak sekolah sampai sekarang kalian tidak pernah menilai positif dari kegiatan yang aku ikuti, apa karena anak-anak kalian tidak melakukannya??? iyakah ???

anak-anakmu ?? lihatlah kondisi mereka saat ini ??
lihatlah mereka putus sekolah bukan karena tidak mampu, melainkan karena kurangnya kesadaran orangtua membimbing dan memperhatikan mereka,
lihatlah??? bagaimana birokrasi di sini? hanya keluarga tertentu secara turun temurun memimpin. karena apa ? karena kalian tidak ingin membuka diri kepada remaja-remaja yang aktif.

kalian menutup mata, cenderung mengikuti aturan yang dulu sudah ada.
kalian tidak mau memberi kesempatan kepada kami generasi baru.

Bagaimana ??
bagaimana aku menjelaskan agar kalian mengerti bahwa pendidikan anak-anak di sini sangat minim kesadaran, sudah sangat memprihatinkan.

*eka_Sriyani

Kamis, 11 Desember 2014

Saat Booting selalu masuk ke Bios

Hallo gaes,
ketemu lagi :)

ciee lagi bermasalah dengan laptop yaa??
oke deh langsung aja nih, saya ingin share tentang kendala booting yang selalu masuk ke bios secara otomatis,

sebenarnya ini bukan solusi gaes, tapi ini dugaanku dan sudah saya praktekkan sendiri pada laptop teman yang memang minta bantuan padaku.
ya kasusnya memang sama yaitu saat booting kita tidak langsung masuk windows, malah masuk ke bios.

beberapa kali browsing ternyata kebanyakan menduga pada baterai CMOS yang melemah, mungkin itu benar, tapi ini tips yang saya cari tahu sendiri gaes, sebab saya tidak berani bongkar laptop.

1. Ada masalah terhadap keyboard sobat, biasanya saat keyboard laptop rusak maka ada tombol yang tidak terkendali, misalkan tombol "delete' atau "F2" bahkan bisa semua tombol di keyboard sobat aneh, oleh karena itu silahkan cek keyboard sobat apakah kotor atau ada benda masuk.
2. settingan jam dan tanggal sobat salah, maka settinglah dulu jam dan tanggal pada biosnya, kemudian save dan exit.
3. kitapun bisa merubah settingan bios ke mode default ya.
4. atau saat bios sudah muncul maka tekan tombol "Esc" saja dan enter. namun solusi ini tidak permanen, sobat akan masuk windows tapi akan menemui booting bios lagi saat menyalakan laptop di lain waktu.

selamat mencoba gaes, ini hanya tips yang bisa sobat pakai sebelum pergi bertanya ke toko komputer. siapa tahu bermanfaat ^_^ ini aman kok gaes.